TY - JOUR ID - eprints16080 UR - http://digilib.unila.ac.id/16080/ A1 - 0813023018, Anggun Sari Nurulita Y1 - 2012/10/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan merumuskan hipotesis dan menarik kesimpulan pada materi koloid. Siswa yang menjadi subjek dalam pene-litian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Pe-lajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Efektivitas model pembelajaran problem solving ditentukan berdasarkan rerata n-gain. Hasil penelitian menunjukkan re-rata n-gain keterampilan merumuskan hipotesis dan menarik kesimpulan berturut-turut 0,54 dan 0,67. Jika diinterpretasikan kedua rerata n-gain ini termasuk da-lam kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran prob-lem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan merumuskan hipotesis dan menarik kesimpulan pada materi koloid dengan kategori sedang. Kata kunci: Problem solving, keterampilan merumuskan hipotesis, dan keteram-pilan menarik kesimpulan. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERUMUSKAN HIPOTESIS DAN MENARIK KESIMPULAN PADA MATERI KOLOID AV - restricted ER -