@article{eprints16083, month = {Nopember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKONSTRUKSI ARGUMEN DAN MEMBERIKAN ALASAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM }, author = {Ari Kurnia Efendi 0813023020}, year = {2012}, journal = {Diigtal Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16083/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan karakteristik model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam dalam meningkatkan kete?rampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Gadingrejo semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkonstruksi argumen untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,61 dan 0,35; serta rerata N-gain keterampilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,56 dan 0,29. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan siswa pa?da materi hidrolisis garam yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbim?bing lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembel?ajaran kon?vensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan pada materi hidrolisis garam. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Keterampilan mengkonstruksi argumen, Keterampilan memberikan alasan } }