title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKONSTRUKSI ARGUMEN DAN MEMBERIKAN ALASAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM creator: 0813023020, Ari Kurnia Efendi subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas dan karakteristik model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam dalam meningkatkan kete¬rampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Gadingrejo semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan peningkatan N-gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan mengkonstruksi argumen untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,61 dan 0,35; serta rerata N-gain keterampilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,56 dan 0,29. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dengan rumus statistik uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa keterampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan siswa pa¬da materi hidrolisis garam yang diterapkan model pembelajaran inkuiri terbim¬bing lebih tinggi daripada siswa yang diterapkan pembel¬ajaran kon¬vensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan mengkonstruksi argumen dan memberikan alasan pada materi hidrolisis garam. Kata kunci : Model pembelajaran inkuiri terbimbing, Keterampilan mengkonstruksi argumen, Keterampilan memberikan alasan date: 2012-11-12 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/1/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/2/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/3/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/4/BAB%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/5/Bab%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/6/Dapus.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/7/1%20COVER%20LUAR%20fix.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/8/2%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/9/3%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/10/4%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/11/5.%20PENYETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/12/6.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/13/7%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/14/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/15/9%20MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/16/10%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/17/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/18/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16083/19/DAFTAR%20TABEL.pdf identifier: 0813023020, Ari Kurnia Efendi (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKONSTRUKSI ARGUMEN DAN MEMBERIKAN ALASAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Diigtal Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/16083/