TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints16086 UR - http://digilib.unila.ac.id/16086/ A1 - INTAN THAHARA PUTRI, 1114131060 Y1 - 2015/11/20/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengadaan bahan baku agroindustri rotan, (2) nilai tambah yang dihasilkan oleh agroindustri rotan kursi teras tanggok dan pengki, (3) bauran pemasaran yang diterapkan oleh agroindustri produk rotan di Kota Bandar Lampung, (4) pengaruh bauran pemasaran dan perilaku konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian produk rotan. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bandar Lampung yang merupakan lokasi dari agroindustri rotan. Jumlah responden produsen sebanyak 10 orang, sedangkan jumlah responden konsumen sebanyak 60 orang yang terdiri dari 33 responden yang melakukan pembelian produk rotan dan 27 responden yang tidak melakukan pembelian produk rotan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis nilai tambah metode Hayami dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengadaan bahan baku pada agroindustri rotan di Kota Bandar Lampung sudah memenuhi syarat elemen pengadaan bahan baku lima tepat, yaitu tepat kuantitas, tepat kualitas, tepat waktu, tepat biaya dan tepat organisasi, (2) besaran nilai tambah yang dihasilkan oleh kursi teras tanggok adalah Rp 18.054,32 per set dan besaran nilai tambah yang dihasilkan oleh kursi teras pengki adalah Rp 16.613,02 per set, (3) strategi bauran pemasaran pada agroindustri rotan di Kota Bandar Lampung belum diterapkan secara maksimal karena promosi sebagai salah satu strategi bauran pemasaran belum diterapkan oleh seluruh produsen , (4) persepsi konsumen pada produk, persepsi konsumen pada promosi, faktor psikologis, faktor budaya, pendapatan dan jenis kelamin adalah variabel yang berpengaruh secara positif sementara persepsi konsumen pada distribusi berpengaruh secara negatif terhadap keputusan konsumen dalam pembelian produk rotan kursi teras tanggok dan kursi teras pengki di Kota Bandar Lampung. Kata kunci: bauran pemasaran, perilaku konsumen, produk rotan ABSTRACT This research aims to determine: (1) procurement of raw material, (2) value added of rattan product (Tanggok and Pengki Patio Seat), (3) marketing mix strategy implemented by rattan agro-industry in Bandar Lampung City (4) the effect of marketing mix and consumer behavior in purchase decision of rattan product. This research was conducted in Bandar Lampung City as location of rattan agro-industry. The numbers of manufacturer respondents were 10 people. The numbers of consumer respondents were 60 people that consist of 33 people who made a purchased rattan product and 27 people who did not make a purchased rattan product. The data analysis method used were descriptive analysis, Hayami method analysis, and regression logistic analysis. The results showed that (1) procurement of raw material at rattan agro-industry in Bandar Lampung City already qualified as five element were proper of quantity, proper of quality, proper of time, proper of cost, and proper of organization, (2) value added of Tanggok Patio Seat was Rp18.054,32 and value added of Pengki Patio Seat was Rp16.613,02, (3) marketing mix strategy implemented by rattan agro-industry in Bandar Lampung City can not be applied maximally because promotion as one of the marketing mix strategy had not been applied by all manufactures, (4) consumer perception of product and promotion, psychological factor, cultural factor, income, and gender had positive effect while consumer perception of distribution had negative effect on consumer decision to purchased rattan product in Bandar Lampung City. Key words: consumer behavior, marketing mix, rattan product PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - NILAI TAMBAH, BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) DAN PERILAKU KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ROTAN (KURSI TERAS TANGGOK DAN PENGKI) DI KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -