@misc{eprints16101, month = {Nopember}, title = {PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP PATRIA GADING REJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1313041001 HERNI DWI HARYANI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16101/}, abstract = {Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Perencanaan, pelaksanaan dan motivasi belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran PPKn siswa kelas VIII SMP Patria Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek tindakan siswa kelas VIII SMP Patria Gadingrejo. Hasil penelitian (1) rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan langkah-langkah model pembelajajaran pemecahan masalah di padu dengan langkah pendekatan scientific, (2) Pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah model pembelajaran problem solving dengan pendekatan scientific dengan cara mempelajari masalah, mendiskusikan masalah, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan presentasi untuk melaporkan hasil diskusi. (3)Motivasi belajar siswa meningkat dari 50,79\% siswa menjadi 83,38\% siswa. Dengan demikian, model pembelajaran problem solving dengan selalu memberikan bimbingan kepada siswa pada setiap pra pembelajaran dan pada proses pembelajaran guru bertindak sebagai fasilitator, mativator, melibatkan siswa dalam membuat kesimpulan serta melaksanakan umpan balik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving} }