title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: Lilis, Suryana subject: L Education (General) = Pendidikan description: Model pembelajaran juga merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya proses belajar mengajar, dengan model yang tepat secara otomatis akan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Berkaitan dengan proses interaksi belajar mengajar ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan antara lain adalah minat belajar dan model pembelajaran. Model pembelajaran yang diharapkan dapat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI). Rumusan masalah dalam penelitian adalah adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015 dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kepustakaan dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa angket. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa hasil uji t nilai Ttabel>Thitung (16,7191>2,048) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa. Sedangkan nilai r sebesar 0,638 menunjukkan bahwa taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa adalah kuat. Oleh karena itu maka hasil analisis statistika yang menunjukkan taraf signifikansi pengaruh model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) terhadap minat belajar siswa dapat diterima secara rasional. Kata Kunci: model pembelajaran SAVI, minat belajar publisher: FKIP date: 2015-10-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/5/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/3/MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/4/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/5/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/11/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/10/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/8/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/12/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/13/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/103/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/104/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16103/15/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Lilis, Suryana (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 METRO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/16103/