%A 1115011033 Galuh pramita %T ANALISIS KAPASITAS PELABUHAN BAKAUHENI SETELAH PEMBANGUNAN DERMAGA VI %X Pelabuhan Bakauheni yang terletak di Provinsi Lampung memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan Provinsi Lampung. Pelabuhan penyeberangan Bakauheni ? Merak merupakan salah satu pelabuhan penyeberangan yang sangat padat. Pelabuhan Bakauheni ? Merak dipisahkan oleh Selat Sunda yang mempunyai jarak 16 mil (25.75 km) dapat ditempuh dengan 120 menit namun jika sedang terjadi peningkatan arus penumpang waktu tempuh bisa bertambah hingga 3 jam karena dermaga yang tersedia belum optimal berjalan. Jumlah dermaga yang tidak mencukupi di Pelabuhan Bakauheni untuk memenuhi kebutuhan penyeberangan sehingga menyebabkan terjadi antrian kendaraan terutama jika sedang terjadi arus puncak. Oleh karena itu perlu dilakukan penambahan dermaga di Pelabuhan Bakauheni agar dapat mengurangi antrian kendaraan yang ingin menyeberang ke Pulau Jawa. Perhitungan yang dilakukan dengan menganalisis kapasitas Pelabuhan Bakauheni kondisi sekarang, menganisis kapasitas Pelabuhan Bakauheni setelah pembangunan dermaga VI dan menganalisis kapasitas Pelabuhan bakauheni pada tahun 2020 . Hasil yang didapat Pelabuhan Bakauheni pada saat ini dapat menyeberangkan 11.891 kendaraan campuran pada waktu arus puncak ,kapasitas pelabuhan setelah Dermaga VI adalah sebanyak 13,066 kendaraan campuran dalam satu harinya dan jumlah arus kendaraan di Pelabuhan Bakauheni adalah 15.144 kendaraan canpuran pada arus puncak di tahun 2020. Kata kunci : Kapasita Pelabuhan, Penyeberangan ABSTRAK BAHASA INGGRIS Bakauheni port located in Lampung Province has a very important role for the growth and development of Lampung Province. Bakauheni port - Merak is one of busy ferry ports. Bakauheni port - Merak separated by the Sunda Straits which has a distance of 16 miles (25.75 km) can be reached with 120 minutes, but if it was an increase in passenger flow travel time can be increased to 3 hours for dock not available well. Amount of pier in the port of Bakauheni to meet the needs of the crossing, causing a queue of vehicles, especially if it's going peak. Therefore, it is necessary to increase the dock in the port of Bakauheni in order to reduce queues of vehicles wanting to cross over to the island of Java. The calculations were performed by analyzing the capacity of the Port Bakauheni existing conditions, analyzing Bakauheni Port capacity after construction of piers VI and analyze the capacity of the Port of Bakauheni in 2020. The results obtained Bakauheni Port at this point the mixture can take across 11 891 vehicles during peak, port capacity after Pier VI is as much a mixture of 13.066 vehicles in one day and amount of vehicles in the Port Bakauheni are blends of 15 144 vehicles at peak flow in 2020. Key words : Port Capacity, crossing %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS TEKNIK %L eprints16106