@misc{eprints16109, month = {Desember}, title = {PERBANDINGAN METODE LATIHAN BAGIAN DENGAN METODE LATIHAN KESELURUHAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SISWA PUTRA SMP N 3 TRIMURJO TAHUN 2015}, author = {1013051019 ADITYA WIGUNA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16109/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan terhadap prestasi belajar pukulan forehand drive tenis meja pada kegiatan ekstrakurikuler siswa putra SMP N 3 Trimurjo tahun 2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen komparatif atau eksperimen semu. Populasi berjumlah 20 siswa dan sampel berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan bermain tenis meja pukulan forehand drive menggunakan ?backboard tes?. Setelah tes awal dan tes akhir pengaruh metode latihan bagian dengan metode latihan keseluruhan terhadap keterampilan bermain tenis meja pukulan forehand drive menggunakan uji ?t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode latihan bagian dan metode latihan keseluruhan terhadap keterampilan bermain tenis meja pukulan forehand drive serta ada perbedaan yang signifikan yaitu, metode latihan bagian lebih berpengaruh dan lebih meningkatkan keterampilan pukulan forehand drive. Dan implikasi dari penelitian ini adalah tanpa menggunakan metode dan model pembelajaran yang sesuai tidak mungkin hasil penelitian ini akan berpengaruh secara signifikan. Kesimpulan dari penelitian adalah metode latihan bagian lebih berpengaruh signifikan dari paripada metode latihan keseluruhan terhadap keterampilan bermain tenis meja pukulan forehand drive. Kata Kunci : perbandingan, metode latihan bagian, metode latihan keseluruhan, forehand drive, tenis meja. } }