%0 Journal Article %A 0813023024, Dita Winda Vianni %D 2012 %F eprints:16114 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON SISWA KELAS X MA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG T.P 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/16114/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MA Negeri 1 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2011-2012 dengan kelas X 7 dan X 8 sebagai sampel. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasarkan perbandingan N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata N-gain keterampilan inferensi untuk kelas kontrol dan eksperimen adalah -0,65 dan 0,61. Sedangkan nilai rerata N-gain penguasaan konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen adalah 0,18 dan 0,55. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keterampilan inferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiri terbimbing pada materi hidrokarbon lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep siswa dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Inkuiri terbimbing, keterampilan inferensi, penguasaan konsep