%0 Generic %A Nailul Fauziah, 1013052036 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:16119 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PENGGUNAAN STRATEGI COPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BANDAR SRIBHAWONO LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/16119/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan strategi coping dengan prestasi akademik siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi akademik yang rendah. Rumusan permasalahan penelitian ini “apakah ada hubungan yang signifikan antara pengunaan strategi coping dengan prestasi akademik siswa?”. Penelitian ini bersifat korelasional. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa kelas XI yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala strategi coping. Dari hasil analisis data mengguakan pearson product moment correlation diperoleh r.hitung = 0,811 > r.tabel= 0,306 dan taraf signifikansi sebesar 0,01. Oleh sebab itu, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan antara penggunaan strategi coping dengan prestasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Semakin baik strategi coping yang siswa gunakan semakin tinggi pula prestasi akademik mereka. Saran yang diberikan adalah 1) Kepada siswa agar dapat menggunakan strategi coping dengan tepat saat mengalami masalah karena hal itu akan membantu siswa untuk mempertahankan atau meningkatkan prestasi akademiknya. 2) Kepada guru BK hendaknya lebih ditingkatkan untuk memberikan materi-materi tentang ketrampilan strategi coping, serta memberi arahan siswa melalui bimbingan belajar agar lebih dapat meningkatkan aktifitas akademiknya. 3) Bagi para peneliti untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan instrumen penelitian yang lain seperti wawancara dan observasi agar data yang didapatkan sesuai dengan keadaan diri siswa. Kata kunci : strategi coping, prestasi akademik.