%0 Generic %9 Other %A Anjar Mubasitoh, 1216051016 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:16124 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %T EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TOKOH KARTUN DALAM MENGEDUKASI KONSUMEN ANAK TENTANG LABEL PRODUK MAKANAN (STUDI EKSPERIMEN PADA KONSUMEN ANAK SD NEGERI 1 KAMPUNG BARU, BANDAR LAMPUNG) %U http://digilib.unila.ac.id/16124/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan tokoh kartun dalam memberikan edukasi konsumen anak tentang label produk makanan dan untuk menambah pengetahuan konsumen anak tentang label produk dalam membeli dan menggunakan produk makanan. Variabel dalam penelitian ini adalah efektifitas iklan sebagai variabel bebas dan tokoh kartun sebagai variabel kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sumber data menggunakan data primer yaitu data hasil dari wawancara. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 siswa SD Negeri 1 Kampung Baru, Bandar Lampung. Alat analisis data dalam penelitian ini adalah uji paired sample test menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan siswa dalam mengedukasi konsumen anak tentang label produk makanan. Perbedaan pengetahuan menunjukkan bahwa terdapat penambahan pengetahuan. Kesimpulannya adalah terdapat efektifitas penggunaan tokoh kartun dalam mengedukasi konsumen anak tentang label produk makanan. Implikasi praktis bagi perusahaan agar memperhatikan dalam pembuatan label produk makanan, karena dengan memperhatikan tampilannya akan berpengaruh pada konsumen dan pembuatan iklan layanan masyarakat yang ditujukan untuk konsumen anak dalam bentuk buku cetak kartun. Implikasi teoritis dapat memberikan tambahan literatur bacaan tentang keefektifan tokoh kartun dalam mengedukasi konsumen anak tentang label produk makanan. Kata kunci: Edukasi Konsumen, Konsumen Anak, Label Produk, Tokoh Kartun. The purpose of this research was to determine the effectiveness of use cartoon characters in educating consumers children about food product labeling and to increase consumer knowledge about the product label children in buying and using food products. The variable in this research is a cartoon character as a control variable. This type of research is study eksperiment. Data sources using primary data from the interview results. The sample in this research were 50 students of SD Negeri 1 Kampung Baru, Bandar Lampung. Data analysis tools in this study were paired samples test using SPSS. The results showed that there was a difference in students knowledge in educating consumers children about label food products. Differences indicate the addition of knowledge. The conclusion is the effectiveness of use cartoon characters in educating consumers children about label food products. The implications of the practical for the company to pay attention to the labeling of food products, because of how the model looks will affect the consumers and making public service ads aimed at consumers in the form of printed books kids cartoon. The implications of theoretical can provide additional literature readings about the effectiveness of a cartoon character in educating consumers child label food products. Keyword: Cartoon Characters, Consumen Children, Consumer Education, Label Products.