%0 Thesis %9 Masters %A Diana Marlyna, 1221031004 %B Fakultas Ekonomi dan Bisnis %D 2015 %F eprints:16127 %I Universitas Lampung %T Faktor Faktor Determinasi Kecurangan Akademik Dosen Akuntansi di Bandar Lampung %U http://digilib.unila.ac.id/16127/ %X ABSTRACT Determination Factors of Academic Dishonesty of Accounting Lecturers in Bandar Lampung By Diana Marlyna Academic dishonesty is a serious problem in the world of education, particularly higher education. This becomes a costly threat to society, related to efficient activities and public confidence in the reliability and security of an institution. Academic fraud is not only done by the students, but also by lectures as a professional educator. Psychologically, academic cheating behavior can be explained by the Theory of Planned Behavior. This study aimed to confirm the influence of attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control on intentions of accounting lecturer in Bandar Lampung to perform academic cheating. The hypothesis is that attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control affect the intentions of accounting lectures in Bandar Lampung to perform academic cheating. The samples in this research are the entire accounting lecturer at thirteen public and private colleges in bandar Lampung who has had NIDN, with a total of 136 respondents. This study uses quantitative techniques questionnaire survey to obtain data. The data is processed by using Microsoft Excel, SPSS 17 and SmartPLS 3.0 on a 5% significance level. The results showed that attitudes toward academic cheating behavior, subjective norms, and perceived behavioral control significantly influence accounting lecturer intentions in Bandar Lampung to perform academic cheating. Keywords: academic dishonesty, theory of planned behavior, attitude, subjective norm, perceived behavioral control. ABSTRAK Faktor-faktor Determinasi Kecurangan Akademik Dosen Akuntansi di Bandar Lampung Oleh Diana Marlyna Kecurangan akademik merupakan masalah serius dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan tinggi atau perkuliahan. Hal ini menjadi ancaman mahal bagi masyarakat, terkait kegiatan yang efisien dan kepercayaan publik terhadap kehandalan dan keamanan sebuah lembaga. Kecurangan akademik ternyata tidak hanya dilakukan oleh mahasiswa, tetapi juga oleh dosen sebagai pendidik profesional. Secara psikologis, perilaku kecurangan akademik dapat dijelaskan dengan Theory of Planned Behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengkonfirmasi pengaruh sikap, norma subjektif, dan kendali perilaku yang dirasakan terhadap niat dosen akuntansi di Bandar Lampung untuk melakukan kecurangan akademik. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa sikap, norma subjektif, dan kendali perilaku yang dirasakan berpengaruh terhadap niat dosen akuntansi di Bandar Lampung untuk melakukan kecurangan akademik. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh dosen akuntansi pada tiga belas perguruan tinggi negeri dan swasta di Bandar Lampung yang telah memiliki NIDN, dengan total 136 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner untuk memperoleh data. Data diolah dengan menggunakan program Microsoft Excell, SPSS 17, dan SmartPLS 3.0 pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap terhadap perilaku kecurangan akademik, norma subjektif, dan kendali perilaku yang dirasakan berpengaruh secara signifikan terhadap niat dosen akuntansi di Bandar Lampung untuk melakukan kecurangan akademik. Kata kunci: kecurangan akademik, theory of planned behavior, sikap, norma subjektif, kendali perilaku yang dirasakan.