TY - THES ID - eprints1613 UR - http://digilib.unila.ac.id/1613/ A1 - , TENNI OKSOWELA Y1 - 2012/09/23/ N2 - Komunikasi mampu meningkatkan keharmonisan kerja dalam organisasi dan apabila komunikasi berlangsung tidak efektif maka koordinasi akan terganggu yang mengakibatkan terganggunya kinerja pegawai. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Tata Kota Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Tata Kota Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan di Dinas Tata Kota Bandar Lampung dengan menyebarkan kuesioner kepada 64 orang dan observasi langsung ke lapangan. Uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai uji t sebesar 9.050 dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0.000 yang menunjukan bahwa komunikasi dan kinerja pegawai berpengaruh positip dan signifikan. Berdasarkan nilai koefesien determinasi (R2) diketahui bahwa 56.2% variasi variabel kinerja dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel komunikasi sedangkan sisanya (43.8%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar model. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka hipotesis yang menyatakan bahwa komunikasi berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai di lingkungan Dinas Tata Kota Bandar Lampung diterima. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar pegawai selalu memberitahu baik secara lisan maupun tulisan kepada pimpinan mengenai kemajuan dan permasalahan yang terjadi dalam melaksanakan tugas agar pimpinan dapat memberikan arahan dan pemecahan permasalahan untuk tugas-tugas berikutnya. Untuk meningkatkan kinerja, pimpinan perlu memotivasi pegawai agar pegawai kreatif dan memiliki kemauan untuk menggunakan kemampuan serta keterampilannya dalam menyelesaikan pekerjaan. PB - Fakultas Ekonomi M1 - masters TI - PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI LINGKUNGAN DINAS TATA KOTA BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -