%A 1113022007 Angga Arbiyanto %T PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF MATERI PEMBIASAN CAHAYA DENGAN STRATEGI INKUIRI %X Perkembangan teknologi yang ada pada saat ini belum dimaksimalkan oleh pelaku pendidikan untuk mendukung pembelajaran khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fenomena-fenomena IPA yang tidak dapat disajikan secara langsung seharusnya dapat dikemas secara sederhana dan interaktif dengan bantuan teknologi. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa ketertariakan siswa terhadap pembelajaran berbasis TIK cukup tinggi. Tujuan penelitian ini untuk (1) membuat Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri, (2) mengungkapkan keefisienaan Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar, dan (3) mengungkap keefektifan Modul Interaktif berbasis TIK Materi Pembiasan Cahaya dengan Strategi Inkuiri di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang dikembangkan sebagai suatu sumber belajar. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Populasi penelitian Angga Arbiyanto adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester ganjil dengan jumlah 29 siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah modul interaktif yang dikembangkan dikategorikan menarik dengan perolehan skor 3,10, modul interaktif yang dikembangkan mudah digunakan dengan perolehan skor 3,07, modul interaktif yang dikembangkan bermanfaat dengan perolehan skor 3,07, dan modul interaktif yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar dilihat dari hasil belajar siswa lebih dari 75% siswa telah tuntas KKM, yaitu 82,76% dari jumlah seluruh siswa sebanyak 29 siswa dengan nilai tertinggi 87,50 dan nilai terendah 62,50. Kelebihan dari modul interaktif yang dikembangkan adalah format modul merupakan output program Microsoft Power Point 2007 dengan format .pptx yang telah umum digunakan sehingga dapat langsung diputar pada laptop atau komputer manapun, sajiannya yang interaktif, dan menampilkan fenomena-fenomena fisika yang sulit untuk diamati secara langsung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul interaktif yang dikembangkan efektif sebagai suatu sumber belajar pada kurikulum 2013 dengan strategi Inkuiri. Kata kunci: inkuiri, modul, pengembangan %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints16150