creators_name: SAYU PUTU WIRA A, 1016031021 type: other datestamp: 2015-12-23 06:42:21 lastmod: 2015-12-23 06:42:21 metadata_visibility: show title: Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Kepuasan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Pada Member United Indonesia Chapter Lampung) ispublished: pub subjects: H full_text_status: restricted abstract: Media sosial merupakan media online di mana para penggunanya dapat ikut serta dalam mencari informasi, berkomunikasi dan menjaring pertemanan. Dengan berkembangnya teknologi dan arus informasi yang semakin pesat, pemenuhan kebutuhan akan informasi semakin meningkat. Twitter adalah salah satu media sosial yang dimanfaatkan oleh suatu kelompok atau komunitas salah satu nya adalah United Indonesia Chapter Lampung (UICL) sebagai media komunikasi untuk memuaskan kebutuhan informasi bagi anggotanya. Berdasarkan dari latar belakang tersebut, maka diperoleh rumusan masalah penelitian yaitu “Seberapa besar pengaruh media sosial twitter terhadap kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan informasi pada member United Indonesia Chapter Lampung”. Tujuan dari penelitian berdasarkan pada rumusan masalah tersebut yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial twitter terhadap kepuasan dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi member United Indoensia Chapter lampung (UICL). Teori yang digunakan adalah teori Uses and Gratifications dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh media sosial twitter memiliki hubungan sebesar 52% dengan pemenuhan kebutuhan informasi 2) Media sosial twitter berpengaruh sebesar 27,3% terhadap kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan informasi. Kata Kunci : Twitter, Pengaruh, Uses and Gratifications ABSTRAK BAHASA INGGRIS Social media is an online media where users can participate in the search for information, communicate and build friendship. With the development of technology and rapid information flow, the demand for information is increasingly higher. Twitter is one of social media wich is used by a group or community, one of them is United Indonesia Chapter Lampung (UICL), as a medium of communication for satisfy the information need of its members. Based on the background the formulation of research problems is “How much influence social media Twitter towards satisfaction in fulfilling information needs of United Indonesia Chapter Lampung members”. The purpose of the study is to analyze influence social media Twitter towards satisfaction in fulfilling information needs on United Indonesia Chapter Lampung members (UICL). The research used Theory of the Uses and Gratifications with quantitative research methods. The data analysis used in this study was linear regression with a level of 5% significant point. The research fact reveals: 1) The influence of social media twitter has a 52% correlation with in fulfilling of information needs. 2) The social media twitter affects 27,3% of satisfaction in fulfilling of information needs. Key words: Twitter, Influence, Uses and Gratifications date: 2015-09-16 date_type: published publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik place_of_pub: Universitas Lampung institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FISIP thesis_type: other citation: SAYU PUTU WIRA A, 1016031021 (2015) Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Kepuasan Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Pada Member United Indonesia Chapter Lampung). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/1/ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/3/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/4/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/5/DAFTAR%20BAGAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/6/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/7/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/8/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/9/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/10/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/11/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/12/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/13/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/14/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/15/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/16/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/17/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/18/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/19/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/20/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16151/21/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf