@misc{eprints16174, month = {Desember}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES TERTULIS BENTUK PILIHAN JAMAK BERALASAN PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DENGAN SCIENTIFIC APPROACH}, author = {1113022069 Andika Prasetya}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16174/}, abstract = {Pada proses pembelajaran di kelas, guru sering menggunakan tes tertulis bentuk pilihan jamak untuk menilai kemampuan kognitif siswa. Tes tertulis bentuk pilihan jamak tidak mampu membedakan siswa yang menjawab karena ia memahami materi dengan siswa yang menjawab asal-asalan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan asesmen otentik tes tertulis bentuk pilihan jamak beralasan pada IPA Fisika dengan scientific approach, mendiskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan produk. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan yang didahului penelitian pendahuluan, diawali dengan analisis kebutuhan, merumuskan tujuan penelitian, serta mendesain produk yang menghasilkan prototipe I, Prototipe I kemudian dievaluasi oleh ahli materi, dilanjutkan dengan uji satu lawan satu dan direvisi menjadi prototipe II. Sebelum dihasilkan produk final, terlebih dahulu produk diuji di lapangan. Uji lapangan dilakukan di SMPN 2 Bandar Lampung, SMPN 8 Bandar Lampung, SMPN 28 Bandar Lampung, SMP Ar-Raihan Bandar Andika Prasetya iv Lampung, SMP Gajah Mada Bandar Lampung, dan SMP Kartika 2 Bandar Lampung. Hasil uji lapangan menunjuk bahwa asesmen otentik yang dikembangkan memiliki persentase kesesuaian sebesar 82,50\% (sangat sesuai), persentase kemudahanan sebesar 87,50\% (sangat mudah), persentase kemanfaatan sebesar 89,00\% (sangat manfaat). Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah asesmen otentik tes tertulis bentuk pilihan jamak beralasan yang dikembangkan sudah layak sebagai asesmen dalam proses pembelajaran dengan scientific approach. Kata kunci: asesmen otentik tertulis bentuk pilihan jamak beralasan, IPA Fisika, penelitian pengembangan, scientific approach.} }