%A 1013024044 Marettha Ania %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D ANOTRUS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media 3D Anotrus terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan di SMPN 3 Tanjung Raja untuk siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016 ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes tak equivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih dengan teknik Purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar siswa yang diperoleh dari pretes dan postes yang dianalisis menggunakan Uji U dan Uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas siswa yang diperoleh dari observasi dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media 3D Anotrus yang diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen lebih tinggi (44,65) dan berbeda signifikan dengan kelas kontrol (31,53). Hasil analisis rata-rata N-gain per indikator soal pada kelas eksperimen juga mengalami peningkatan baik indikator soal C1 (49,88%), C2 (52,11%) dan C4 (40,68%). Hal tersebut dipengaruhi oleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pada aspek berdiskusi dalam kelompok (77,98%), menjawab pertanyaan (70,90%), dan menanggapi/ memperkaya gagasan orang lain (68,34%). Selain itu, siswa juga memberikan tanggapan positif, diakui oleh siswa berdasarkan angket, bahwa penggunaaan media 3D Anotrus pada umumnya (93,75%) membuat siswa lebih antusias belajar dan hanya sebagian kecil siswa (6,25 %) saja yang merasa bosan dalam proses pembelajaran. Tanggapan seluruh siswa (100 %) menyatakan pembelajaran lebih menyenangkan sehingga sebagian besar siswa (96,88%) menyatakan lebih mudah dalam memahami materi, dan hanya sebagian kecil siswa (6,25%) mengatakan lebih sulit mengerjakan soal-soal setelah belajar melalui media 3D Anotrus. Dengan demikian, penggunaan media 3D Anotrus dalam pembelajaran berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas siswa, dan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas, gerak pada manusia, hasil belajar siswa, media 3D Anotrus %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints16178