title: PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ANAK TUNARUNGU DI PK-PLK DHARMA BAKTI DHARMA PERTIWI KEMILING BANDAR LAMPUNG 2014/2015 creator: BELLA AULIA RAHMAH, 1113043014 subject: LB Theory and practice of education subject: M Music description: ABSTRAKPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan hasil pembelajaran tari halibambang menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler anak tunarungu di PK-PLK Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling, Bandar Lampung Tahun 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran tari halibambang menggunakan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler anak tunarungu di PK-PLK Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling, Bandar Lampung Tahun 2014/2015. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah guru dan 8 siswa tunarungu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi tes praktik dan non tes. Metode drill diterapkan selama delapan pertemuan. Adapun, temuan penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama langkah-langkah guru dalam menerapkan metode drill meliputi pemanasan, memberikan contoh ragam gerak, guru membimbing siswa untuk berlatih bersama-sama, guru melakukan tes untuk mengukur kemampuan siswa. Kedua, hasil pembelajaran ragam gerak tari halibambang menggunakan metode drill dinilai dari tiga aspek yaitu wiraga, wirasa dan wirama. Selama proses penyampaian materi pembelajaran tari, guru menggunakan metode isyarat dan metode oral dalam berkomunikasi. Ketiga, hasil evaluasi tes kemampuan menunjukkan bahwa siswa tunarungu mampu menarikan tari halibambang sesuai ragam gerak yang diajarkan dan dapat mengikuti irama musik tari dengan bantuan kode yang diberikan oleh guru. Penilaian aspek wiraga menunjukkan nilai rata-rata 73% dengan kriteria baik, aspek wirama menunjukan nilai 70%, dengan kriteria baik, dan aspek wirasa dengan nilai 68% dengan kriteria baik, selain itu juga diadakan penilaian tentang aktivitas belajar siswa di setiap pertemuan. Berdasarkan ketiga aspek tersebut hasil pembelajaran tari halibambang memperoleh rata-rata 70% dengan kriteria baik. Kata Kunci: pembelajaran, tari halibambang, metode drill. ABSTRACT The problem in this research is how was the process and result from halibambang dance learning which used drill method in deaf children extracurricular activities in PK-PLK Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling, Bandar Lampung during 2014-2015. This study was aimed to describe halibambang dance learning used drill method in deaf children extracurricular activities in PK-PLK Dharma Bhakti Dharma Pertiwi Kemiling, Bandar Lampung during 2014-2015. This study was descriptive qualitative research. The data sources ware teacher and eight deaf students. The data collection technique are observation, interview, documentation practice test and non test. Drill method was used in eight times meeting class. The research finding were first teacher’s steps using drill method as follows, student doing warming movement, giving example of dancing movement, the teacher taught the students to do the meovement together, the teacher doing some tests to measure students abilities. Second, assessment criteria from teach halibambang dance movements used drill method are wiraga, wirasa and wirama. During the learning materials transferring process, teacher used requirement method and oral method of communicate. Third, the evaluation results of ability test shows that students could do the halibambang dance in right movements and music rythm due to teacher taught. Valuation in wiraga aspect shows average score by 73% with good criteria, wirama aspect shows score 70% with good criteria and wirasa aspect shows score 68% with good criteria, beside that teacher also held assessment of learning activities in each meeting class. Based on three aspects, the result shows halibambang dance learning got average score by 70% with good criteria. Keyword: learning, halibambang dance, drill method. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-12-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/2/ABSTRACT.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/3/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/4/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/5/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/6/DAFTAR%20DIAGRAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/7/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/8/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/9/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/10/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/11/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/12/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/13/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/14/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/15/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/16/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/17/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/18/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/19/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/20/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/23/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/21/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16186/22/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: BELLA AULIA RAHMAH, 1113043014 (2015) PEMBELAJARAN TARI HALIBAMBANG MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ANAK TUNARUNGU DI PK-PLK DHARMA BAKTI DHARMA PERTIWI KEMILING BANDAR LAMPUNG 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/16186/