creators_name: Rika Warda Julianti, 1013033018 creators_id: wardarika92@yahoo.com type: other datestamp: 2015-12-28 06:41:49 lastmod: 2015-12-28 06:41:49 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ispublished: pub subjects: HN subjects: LB full_text_status: restricted abstract: Efektivitas adalah suatu ukuran yang mengukur seberapa jauh tujuan telah tercapai. Dalam hal ini efektivitas digunakan untuk mengukur keberhasilan strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dalam mencapai tujuan pembelajaran sejarah. Strategi pembelajaran aktif adalah strategi belajar mengajar yang diterapkan dalam proses pembelajaran yang menekankan siswa untuk belajar aktif dan menyenangkan serta meningkatkan rasa tanggung jawab siswa atas apa yang mereka pelajari dan tidak mengancam atau tidak membuat mereka takut. Salah satu tipe strategi pembelajaran aktif yaitu tipe Team Quiz. Dalam sebuah strategi pembelajaran aktif tersusun atas komponen atau aspek-aspek yang membentuk strategi pembelajaran aktif. Komponen atau aspek-aspek yang membentuk strategi pembelajaran aktif terdiri dari pengalaman, interaksi, komunikasi, refleksi, dan komponen pendukung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar efektivitas strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2014/2015? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran sejarah berdasarkan kuesioner mencapai 77,8% masuk dalam kategori efektivitas kuat/efektif, dan perolehan data berdasarkan observasi mencapai 76,7% masuk dalam kategori efektivitas kuat/efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe team quiz pada pembelajaran sejarah memiliki efektivitas yang kuat/efektif. date: 2015-11-30 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rika Warda Julianti, 1013033018 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/4/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/5/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/7/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/8/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16190/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf