@article{eprints16196, month = {Mei}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI ILMIAH TEKNIK PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA}, author = {NINING SURYA NINGSIH 0853022037}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16196/}, abstract = {LKS yang digunakan siswa di SMA Negeri 1 Abung Semuli masih terbatas pada pembuktian prinsip dan konsep, dan fasilitas seperti laboratorium dan perpustakaan, belum dimanfaatkan secara optimal. LKS yang dibutuhkan siswa adalah LKS yang mampu membelajarkan siswa secara menyeluruh. Sehingga dapat menumbuhkan kemampuan berpikir untuk memecahkan masalah, merangsang siswa untuk melakukan suatu kegiatan, serta melatih cara berpikir, bekerja, bersikap ilmiah, dan berkomunikasi. Untuk mendapatkan media yang efektif dapat digunakan Lembar Kerja Siswa ( LKS) yang disusun menggunakan model dan metode tertentu. Berdasarkan kondisi tersebut maka peneliti mencoba melakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri ilmiah teknik pictorial riddle terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Abung Semuli, menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA4 dengan jumlah sampel 28 siswa dan menggunakan desain One shot case study. Pada penelitian ini diperoleh data Lembar Kerja Siswa (LKS) dan data posttest (hasil belajar) siswa yang berdistribusi normal dan linier. Kemudian untuk menguji pengaruh dilakukan uji linearitas, korelasi, dan regresi linear sederhana antara data Lembar Kerja Siswa (LKS) dan data posttest (hasil belajar) siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar fisika siswa dengan kontribusi sebesar 29\% dan persamaan regresinya adalah {\^Y}, = 12.276 + 0.834 .} }