title: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA creator: 0543023029, Siti Saudah subject: description: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa rata-rata nilai penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X5– X8 Tahun Pelajaran 2009/2010 masih rendah yaitu rata-rata nilai sebesar 59,04, dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 71 hanya 42,8%, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah, yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥ 71. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran masih rendah, hal ini berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan akti-vitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah model pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E) yang terdiri dari : eksplorasi (exploration); fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persentase peningkatan: (1)aktivi-tas belajar, (2)penguasaan konsep, (3)siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E). Data penelitian terdiri dari data hasil kinerja guru dan data aktivitas siswa yaitu aktivitas: mengerjakan LKS, bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, dan memberi pendapat. Data penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi persentase peningkatan: (1)setiap je-nis aktivitas on task, dari siklus I ke II adalah mengerjakan LKS 13,6%, bertanya kepada guru 11,3%, menjawab pertanyaan dari guru 8%, memberikan pendapat 6,8%, (2)rata- rata penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia dari siklus I ke II sebesar 8,4%, (3)ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke II sebesar 25%. type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/1/COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/4/MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/6/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/8/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/9/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/10/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/12/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/13/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/14/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/15/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/16/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16207/17/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: 0543023029, Siti Saudah PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/16207/