creators_name: 0643023003, BAYU SAPUTRA type: article datestamp: 2015-12-29 03:44:44 lastmod: 2015-12-29 03:44:44 metadata_visibility: show title: PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DISERTAI ANIMASI PADA PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON SISWA SMA TAMAN SISWA BANDAR LAMPUNG 2010-2011 ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan guru bidang studi kimia kelas X SMA Taman Siswa, diperoleh informasi bahwa rata-rata nilai penguasaan konsep siswa pada materi pokok hidrokarbon tahun pelajaran 2008-2009 sebesar 55,51. Siswa yang memperoleh nilai ≥ 62 hanya 47,93 %. Selanjutnya Pada tahun 2009-2010 sebesar 52,61. Presentase siswa yang memperoleh nilai ≥ 62 hanya mencapai 48,33%. Nilai tersebut belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diterapkan di SMA Taman Siswa, yaitu 100% siswa telah mencapai nilai ≥ 62. Pembelajaran konvensional dengan metode ceramah dan diskusi, masih digunakan di sekolah tersebut dan kurang membimbing siswa untuk dapat memahami konsep hidrokarbon serta melatih kemandirian belajarnya. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai animasi, dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan penguasaan konsep hidrokarbon antara pembelajaran menggunakan tipe NHT disertai animasi dengan NHT tanpa animasi. Sampel dalam penelitian adalah 35 siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen I dan 35 siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen II. Jenis penelitian bersifat eksperimental dengan pola M-G (Matched Group Design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan penguasaan konsep hidrokarbon antara pembelajaran menggunakan tipe NHT disertai animasi dengan tipe NHT tanpa animasi (2)Rata-rata peningkatan penguasaan konsep hidrokarbon dengan pembelajaran menggunakan tipe NHT disertai animasi lebih tinggi yaitu 54,85 dari pada rata-rata penguasaan konsep tipe NHT tanpa animasi yaitu 34,00. date: 2011-11-15 date_type: published publication: Digital Library refereed: TRUE citation: 0643023003, BAYU SAPUTRA (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DISERTAI ANIMASI PADA PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON SISWA SMA TAMAN SISWA BANDAR LAMPUNG 2010-2011. Digital Library. document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/1/COVER%20DEPAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/2/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/3/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/4/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/5/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/7/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/9/Sanwacana.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/16211/18/Daftar%20Pustaka.pdf