title: PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON (PTK Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP. 2010-2011) creator: 0713023022, ERMA FEBRIANDA subject: description: Berdasarkan hasil wawancara serta studi dokumentasi yang diberikan oleh guru kimia kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung diperoleh data bahwa rata-rata nilai pengusaan konsep kimia siswa kelas X1 pada materi pokok hidrokarbon tahun pelajaran 2009-2010 yaitu sebesar 57,91 dan hanya 43,75% siswa yang memperoleh nilai ≥ 65. Nilai tersebut belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2009-2010 yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 65. Sedangkan pada Tahun Ajaran 2010-2011 Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) yang diterapkan yaitu 100% siswa yang mencapai nilai ≥ 68. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan : (1)Rata-rata persen- tase aktivitas belajar on task (2)Rata-rata penguasaan konsep kimia (3)Persentase ketuntasan belajar siswa, melalui pendekatan tutor sebaya pada materi pokok hidro- karbon dari siklus I ke siklus II. Penelitian tindakan kelas (PTK)ini dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 SMA N 7 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian terdiri dari data aktivitas on task, dan data penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan: (1)rata-rata persentase setiap jenis aktivitas on task siswa, dari siklus I ke siklus II adalah sebagai berikut: Aktif bertanya kepada guru sebesar 17,95% ; Aktif dalam diskusi kelompok sebesar 5,15% ; Aktif dalam mengemukakan pendapat sebesar 16,66%; Aktif dalam mengerjakan LKS sebesar 14,09. (2)persentase penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 15,27%,. (3)ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 26,93%. date: 2011-07 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/1/COVER%20AWAL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/4/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/5/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/6/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/7/SANWANCANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/8/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/9/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/10/DAFTAR%20Gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/11/BAB%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/12/BAB%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/13/BAB%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/14/BAB%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16236/15/BAB%205.pdf identifier: 0713023022, ERMA FEBRIANDA (2011) PENERAPAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP HIDROKARBON (PTK Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 7 Bandar Lampung TP. 2010-2011). Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/16236/