%A 1023011080 Nurul Ari Yani %J PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP BUMIJAYA LAMPUNG UTARA %T PERBEDAAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF PADA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP BUMIJAYA LAMPUNG UTARA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) perbedaan prestasi belajar menulis narrative teks dalam bahasa inggris pada siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan tipe Team Games Tournament. 2) perbedaan prestasi belajar menulis narrative teks dalam bahasa inggris siswa sebelum dan setelah dibelajarkan tipe Number Heads Together. 3) perbedaan prestasi belajar menulis narrative teks setelah di belajarkan dengan tipe Team Games tournament dan Number Heads Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode penelitian eksperiment. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain berimbang dan menggunakan rancangan pre dan post test. Dan menggunakan teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Metode penelitian eksperimen ini di analisis menggunakan uji t test dan berdasarkan data dari hasil peningkatan prestasi belajar bahasa inggris setelah diadakan nya pembelajaran dengan menggunkan metode Team Games Tournament dan Number Heads Together. Instrument dalam penelitian berupa pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan prestasi belajar menulis narrative teks dalam bahasa inggris pada siswa sebelum dan sesudah dibelajarkan tipe Team Games Tournament. 2) terdapat perbedaan prestasi belajar menulis narrative teks dalam bahasa inggris siswa sebelum dan setelah dibelajarkan tipe Number Heads Together. 3) terdapat perbedaan prestasi belajar menulis narrative teks setelah di belajarkan dengan tipe Team Games tournament dan Number Heads Together. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif dan prestasi belajar bahasa inggris. This research aims to know: 1) the difference student?s achievement in writing narrative text trough Team Games Tournament. 2) the difference student?s achievement in writing narrative text through Number Heads Together. 3) the difference student?s writing achievement through Teams Games Tournament and Number heads Together. This is an experiment research. The method used in this research is balanced experiment design and pre test and post test design. This research also applies purposive sampling techniques. T test will be used to analyze the data collected after applying team games tournament and number heads together. Instrument used in this research will be pre and post test. The results show that 1) there is (are) differences in student?s achievement before and after the implementation of team games tournament. 2) there is (are) in student?s achievement in writing narrative text before and after application of number heads together. 3) there is (are) the different in student?s writing achievement after applying team games tournament and number heads together. Key words: cooperative learning and achievement of learning English. %D 2015 %I Universitas Lampung %L eprints16248