title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENERAPKAN KONSEP YANG DAPAT DITERIMA creator: 0813023044, Ria Septiana subject: description: Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam dalam meningkatkan kete¬rampilan memberi-kan penjelasan sederhana dan menerapkan konsep yang dapat diterima siswa SMAN 1 Gadingrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Gadingrejo kelas XI IPA3 seba¬gai kelas eksperimen dan kelas XI IPA4 sebagai kelas kontrol semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan uji-t dari n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain keterampilan memberikan pen-jelasan sederhana kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,44 dan 0,12; thitung (2,88) > ttabel (1,67). Rata-rata n-Gain keterampilan menerapkan konsep yang dapat diterima kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 0,42 dan 0,20; thitung (2,23) > ttabel (1,67). Disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan menerapkan konsep yang dapat diterima oleh siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, meteri hidrolisis garam keteram-pilan memberikan penjelasan sederhana dan menerapkan konsep yang dapat diterima. date: 2012-11 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/1/6.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/1/COVER%20BARU.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/2/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/3/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/4/MOTTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/4/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/4/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/5/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/6/persetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/7/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/8/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/9/BAB%20I%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/10/BAB%20II%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/11/BAB%20III%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/12/bab%20IV%20revisii.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/13/Bab%20V%20revisi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16254/14/daftar%20pustaka%202.pdf identifier: 0813023044, Ria Septiana (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN MENERAPKAN KONSEP YANG DAPAT DITERIMA. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/16254/