title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA creator: 0813023049, Sulastri subject: description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan mem¬¬berikan ala-san, keterampilan menarik kesimpulan dan penguasaan kon¬sep siswa pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rumbia tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas X4 dan X5 sebagai sam¬pel. Pe¬ne-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non¬equivalent Control Group Design dan menggunakan uji parametrik dengan uji t'. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kete-ram¬pilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,46 dan -0,31; rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpul¬an untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,51 dan 0,17; dan rata-rata n-Gain untuk pengu¬asaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kon¬trol berturut-turut adalah 0,41 dan -0,51 Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan mem¬¬berikan alasan dan ke¬te-rampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep yang lebih tinggi diban-dingkan siswa di kelas yang diterap¬kan pembelajaran konvensional. Hal ini me¬nun-jukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkat¬kan keterampilan mem¬¬berikan alasan dan keterampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, kete¬ram¬pilan memberikan alasan, keterampilan menarik kesimpulan, penguasaan konsep. date: 2012-11-05 type: Artikel type: PeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/1/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/2/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/3/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/4/Bab%20V%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/5/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/6/dapus.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/7/1.COVER.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/8/2.abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/9/3.cover%20dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/10/4.penyetujuan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/11/5.MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/12/6.%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/13/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/14/8.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/15/9.%20M%20O%20T%20T%20O.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/16/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/17/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/18/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/16260/19/DAFTAR%20TABEL.pdf identifier: 0813023049, Sulastri (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA. Digital Library. relation: http://digilib.unila.ac.id/16260/