%0 Journal Article %A 0813023049, Sulastri %D 2012 %F eprints:16260 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/16260/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan mem¬¬berikan ala-san, keterampilan menarik kesimpulan dan penguasaan kon¬sep siswa pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rumbia tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas X4 dan X5 sebagai sam¬pel. Pe¬ne-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non¬equivalent Control Group Design dan menggunakan uji parametrik dengan uji t'. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kete-ram¬pilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,46 dan -0,31; rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpul¬an untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,51 dan 0,17; dan rata-rata n-Gain untuk pengu¬asaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kon¬trol berturut-turut adalah 0,41 dan -0,51 Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan mem¬¬berikan alasan dan ke¬te-rampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep yang lebih tinggi diban-dingkan siswa di kelas yang diterap¬kan pembelajaran konvensional. Hal ini me¬nun-jukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkat¬kan keterampilan mem¬¬berikan alasan dan keterampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon¬sep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, kete¬ram¬pilan memberikan alasan, keterampilan menarik kesimpulan, penguasaan konsep.