%A Sulastri 0813023049 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADAMATERI REAKSI REDOKS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENARIK KESIMPULAN SERTA PENGUASAAN KONSEP SISWA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan keterampilan mem??berikan ala-san, keterampilan menarik kesimpulan dan penguasaan kon?sep siswa pada materi reaksi redoks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Rumbia tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas X4 dan X5 sebagai sam?pel. Pe?ne-litian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non?equivalent Control Group Design dan menggunakan uji parametrik dengan uji t'. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain kete-ram?pilan memberikan alasan untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,46 dan -0,31; rata-rata n-Gain keterampilan menarik kesimpul?an untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,51 dan 0,17; dan rata-rata n-Gain untuk pengu?asaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kon?trol berturut-turut adalah 0,41 dan -0,51 Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan mem??berikan alasan dan ke?te-rampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon?sep yang lebih tinggi diban-dingkan siswa di kelas yang diterap?kan pembelajaran konvensional. Hal ini me?nun-jukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkat?kan keterampilan mem??berikan alasan dan keterampilan menarik kesimpulan serta penguasaan kon?sep siswa. Kata kunci: Model pembelajaran berbasis masalah, kete?ram?pilan memberikan alasan, keterampilan menarik kesimpulan, penguasaan konsep. %D 2012 %L eprints16260