%A MERAWATI %T PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 197 siswa dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus T. Yamane sebanyak 132 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner kepada sampel. Pengujian hipotesis satu dan dua menggunakan Regresi sedangkan untuk uji hipotesis ketiga menggunakan statistik F. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: 1. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 7,136 >1,9600. 2. Ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa t hitung > t tabel atau 6,474 > 1,9600. 3. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam mengelola kelas dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukan bahwa Fhitung > Ftabel atau 34,553 > 3,035. ii %D 2012 %I Fakultas KIP %L eprints1627