%0 Journal Article %A 0813053019, Anita Puryanti %D 2012 %F eprints:16270 %J Digital Library %T PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V B SDN 1 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/16270/ %X Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar. Hasil belajar merupakan realisasi dari kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara menggunakan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan analisa data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPS kelas V B SD Negeri 1 Metro Utara dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kemampuan berpikir siswa pada siklus I (31,67%), siklus II (46,36%), dan siklus III (63,3%). Berdasarkan hasil temuan pengembangan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas V Sekolah Dasar (SD) dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPS supaya kemampuan berpikir siswa dapat meningkat serta siswa tidak menganggap pembelajaran IPS membosankan. Kata kunci: Pendekatan keterampilan proses, kemampuan berpikir