%A 0853024052 Susi Susanti %T EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN (Studi Eksperimen Pada Siswa SMP Kelas VIII SMPN 5 Tulang Bawang Tengah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014) %X Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru bidang studi biologi di SMPN 5 Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat khususnya kelas VIII, menunjukkan bahwa pelajaran biologi dianggap sebagai pelajaran yang sulit, siswa kurang mengetahui dan memahami manfaat ilmu biologi secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian materi oleh guru dilakukan dengan metode ceramah. Metode pembelajaran tersebut membuat siswa kurang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Desain penelitian pretes-postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIa dan VIIIb yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 53.14; kontrol = 20.90). Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek yaitu kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan pendapat kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi (eksperimen = 75; kontrol = 54.5). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran kooperatif NHT, aktivitas belajar, hasil belajar, Pertumbuhan dan Perkembangan %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints16298