@misc{eprints163, month = {Desember}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE DAN DISKUSI KELOMPOK DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ABUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {Dewi Fatimah Ahmad}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas KIP}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/163/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dan Diskusi Kelompok terhadap hasil belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kedua model pembelajaran diterapkan dikelas yang berbeda. Model Think Pair and Share (TPS) pada kelas eksperimen, yaitu kelas X1 dan model Diskusi Kelompok pada kelas kontrol yaitu kelas X2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian berjumlah 162 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Abung Selatan, Lampung Utara pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis anava dan T-tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) pada pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 11,532 dan Ftabel 4,080 menunjukkan bahwa Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel maka hipotesis diterima, (2) pada pengujian hipotesis kedua menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Thitung 1,339 {\ensuremath{>}} Ttabel 2,080 menunjukkan bahwa Thitung {\ensuremath{<}} Ttabel maka hipotesis ditolak, (3) pada pengujian hipotesis ketiga menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Fhitung 3,809 {\ensuremath{<}} Ftabel 2,080 menunjukkan bahwa Thitung {\ensuremath{>}} Ttabel maka hipotesis diterima, (4) pada pengujian hipotesis keempat karena hipotesis satu dan ketiga diterima sedangkan yang hipotesis kedua ditolak, maka hipotesis ke empat ditolak. Hal ini dapat dibuktikan melalui pengujian ke empat menggunakan Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 1,646 {\ensuremath{<}} Ftabel 4,080 berarti hipotesis ditolak dengan demikian dapat disimpulkan tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut. 1. Terdapat perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran diskusi kelompok. 2. Hasil belajar ekonomi pada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan diskusi kelompok. 3. Hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan diskusi kelompok. 4. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci: hasil belajar,tps, diskusi kelompok, kemampuan awal} }