?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=STUDI+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+EKONOMI%0D%0ADENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN%0D%0AKOOPERATIF+TIPE+THINK+PAIR+AND+SHARE+DAN%0D%0ADISKUSI+KELOMPOK+DENGAN+MEMPERHATIKAN%0D%0AKEMAMPUAN+AWAL+PADA+SISWA+KELAS+X%0D%0ASMA+NEGERI+1+ABUNG+SELATAN%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013&rft.creator=Ahmad%2C+Dewi+Fatimah&rft.subject=HB+Economic+Theory&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+keefektifan+penerapan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+and+Share+(TPS)+dan+Diskusi+Kelompok+terhadap+hasil+belajar+yang+dimiliki+siswa+pada+mata+pelajaran+ekonomi.+Kedua+model+pembelajaran+diterapkan+dikelas+yang+berbeda.+Model+Think+Pair+and+Share+(TPS)+pada+kelas+eksperimen%2C+yaitu+kelas+X1+dan+model+Diskusi+Kelompok+pada+kelas+kontrol+yaitu+kelas+X2.%0D%0AMetode+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+adalah+penelitian+eksperimen+dengan+pendekatan+komparatif.+Populasi+penelitian+berjumlah+162+orang+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+1+Abung+Selatan%2C+Lampung+Utara+pada+semester+genap+tahun+pelajaran+2012%2F2013%2C+dengan+jumlah+sampel+sebanyak+64+siswa.+Teknik+sampling+dalam+penelitian+ini+adalah+teknik+cluster+random+sampling.+Teknik+pengambilan+data+yaitu+dengan+observasi%2C+dokumentasi%2C+dan+teknik+tes.+Pengujian+hipotesis+menggunakan+rumus+analisis+anava+dan+T-tes.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+(1)+pada+pengujian+hipotesis+pertama+menggunakan+rumus+Analisis+Varian+Dua+Jalan+diperoleh+Fhitung+11%2C532+dan+Ftabel+4%2C080+menunjukkan+bahwa+Fhitung+%3E+Ftabel+maka+hipotesis+diterima%2C+(2)+pada+pengujian+hipotesis+kedua+menggunakan+rumus+T-test+Dua+Sampel+Independen+diperoleh+Thitung+1%2C339+%3E+Ttabel+2%2C080+menunjukkan+bahwa+Thitung+%3C+Ttabel+maka+hipotesis+ditolak%2C+(3)+pada+pengujian+hipotesis+ketiga+menggunakan+rumus+T-test+Dua+Sampel+Independen+diperoleh+Fhitung+3%2C809+%3C+Ftabel+2%2C080+menunjukkan+bahwa+Thitung+%3E+Ttabel+maka+hipotesis+diterima%2C+(4)+pada+pengujian+hipotesis+keempat+karena+hipotesis+satu+dan+ketiga+diterima+sedangkan+yang+hipotesis+kedua+ditolak%2C+maka+hipotesis+ke+empat+ditolak.+Hal+ini+dapat+dibuktikan+melalui+pengujian+ke+empat+menggunakan+Analisis+Varian+Dua+Jalan+diperoleh+Fhitung+1%2C646+%3C+Ftabel%0D%0A4%2C080+berarti+hipotesis+ditolak+dengan+demikian+dapat+disimpulkan+tidak+terdapat+interaksi+antar+model+pembelajaran+dengan+kemampuan+awal+siswa.%0D%0ABerdasarkan+hasil+penelitian+diperoleh+kesimpulan+sebagai+berikut.%0D%0A1.+Terdapat+perbedaan+antara+hasil+belajar+ekonomi+siswa+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+and+Share+(TPS)+dibandingkan+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+diskusi+kelompok.%0D%0A2.+Hasil+belajar+ekonomi+pada+siswa+yang+memiliki+kemampuan+awal+rendah+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+and+Share+(TPS)+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+siswa+yang+pembelajarannya+menggunakan+diskusi+kelompok.%0D%0A3.+Hasil+belajar+ekonomi+siswa+yang+memiliki+kemampuan+awal+tinggi+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Think+Pair+and+Share+(TPS)+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+siswa+yang+pembelajaranya+menggunakan+diskusi+kelompok.%0D%0A4.+Tidak+terdapat+interaksi+antara+model+pembelajaran+dengan+kemampuan+awal+siswa+pada+mata+pelajaran+ekonomi.%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar%2Ctps%2C+diskusi+kelompok%2C+kemampuan+awal&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2013-12-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F1%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F3%2FMENYETUJUI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F4%2FSURAT%2520PERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F5%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F6%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F7%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F8%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F9%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F10%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F11%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Ahmad%2C+Dewi+Fatimah++(2013)+STUDI+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+EKONOMI+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+THINK+PAIR+AND+SHARE+DAN+DISKUSI+KELOMPOK+DENGAN+MEMPERHATIKAN+KEMAMPUAN+AWAL+PADA+SISWA+KELAS+X+SMA+NEGERI+1+ABUNG+SELATAN+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F163%2F