TY - UNPB CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints16300 UR - http://digilib.unila.ac.id/16300/ A1 - Ani Aminah, 1013024024 Y1 - 2015/12/28/ N2 - Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA kelas VIII SMP N 1 Merbau Mataram menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah penggunaan multimedia interaktif, salah satunya adalah media 3D Anotrus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media 3D Anotrus dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar oleh siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang dipilih secara purposive sampling. Data kualitatif berupa data skor aktivitas belajar yang diperoleh dari lembar observasi serta tanggapan siswa yang diperoleh dari angket, kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan postest yang dianalisis menggunakan uji t dan nilai rata-rata N-gain yang dianalisis menggunakan uji U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingakan siswa kelas control. Rata-rata persentase peningkatan aktivitas belajar siswa dalam aspek berdiskusi dalam kelompok, menjawab pertanyaan, dan menanggapi/memperkaya gagasan orang lain yang diamati pada kelas eksperimen yakni 78,26 yang berkriteria tinggi. Sedangkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dalam aspek yang diamati pada kelas kontrol lebih rendah dibandingkan kelas eksperimen yakni 66,33 yang berkriteria sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 71,85 dan kelas kontrol sebesar 54,48. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media 3D Anotrus pada proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media 3D Anotrus berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia. Kata kunci : media 3D Anotrus, aktivitas belajar, hasil belajar, sistem gerak pada manusia PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA 3D ANOTRUS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA AV - restricted ER -