title: PENGARUH SCAFFOLDING DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA creator: Asiman, Apriana subject: LB Theory and practice of education subject: P Philology. Linguistics subject: PE English description: Fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap siswa sebagai pelajaran yang cukup sulit. Anggapan inilah yang membuat siswa kurang menyukai fisika sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Scaffolding merupakan bantuan belajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa atau peserta didik secara berkelompok dalam proses pembelajaran di kelas sehingga siswa dapat saling berinteraksi dengan teman sekelompok dan dapat mendorong siswa lebih aktif pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari siswa kelas X IPA1, X IPA2, dan X IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA1 SMA Negeri 1 Adiluwih Kab. Pringsewu pada semester ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 24 orang. Pemilihan kelas sampel dengan menggunakan purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Peneliti melakukan penelitian di kelas X IPA1. Penelitian ini menggunakan desain one-shot case Apriana study. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan yaitu terdapat pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multrepresentasi terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Persentase rata-rata scaffolding siswa adalah sebesar 64,11% dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata nilai belajar siswa adalah sebesar 66,56 dengan kategori tinggi. Dengan demikian,besar pengaruh scaffolding dalam pemecahan masalah fisika berbasis multirepresentasi sebesar 29,1%, scaffolding yang tinggi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang tinggi pula. Kata kunci: Hasil Belajar, Multirepresentasi, Pemecahan Masalah, Scaffolding publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2014-02-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/3/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/4/PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/5/PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/6/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/7/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/8/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/9/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/10/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/11/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/12/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/13/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/1631/14/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf identifier: Asiman, Apriana (2014) PENGARUH SCAFFOLDING DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/1631/