%A MAIKO SABRI MARTHA 0813053040 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS SISWA KELAS V C SDN 3 BUMI AGUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %X Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, menunjukkan masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V C SDN 3 Bumi Agung, oleh karena itu, perlu perbaikan pembelajaran melalui penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan menggunakan model cooperative learning type student team achievement divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Perbaikan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe STAD menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 50,94% (cukup aktif), siklus II 70,01% (aktif), dan siklus III 85,44% (sangat aktif), sementara rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (50,08), siklus II (65,20), dan siklus III (86,96) dengan KKM ? 50. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar, didukung uji perbedaan hasil post-tes dengan pre-tes menggunakan t-tes didapatkan hasil thitung 1 = 7,97 > ttabel = 2,064, thitung 2 = 5,71 > ttabel = 2,064, thitung 3 = 4,30 > ttabel = 2,064, pada ketentuan ? = 0,05, dan apabila dilihat dari uji perbedaan hasil belajar post-tes siklus I terhadap siklus II (thitung = 3,904) dan siklus II terhadap siklus III (thitung = 6,360) maka adanya peningkatan uji t-tes hasil belajar sebesar 2,456. Kata kunci: model cooperative learning tipe STAD, aktivitas siswa, dan hasil belajar %D 2012 %L eprints16310