TY - JOUR ID - eprints16313 UR - http://digilib.unila.ac.id/16313/ A1 - 0813053048, NI LUH GEDE WAHYU S. N2 - Permasalahan penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn kelas V SDN 2 Rama Dewa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe (TGT). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar observasi dan instrument tes pada setiap siklus. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (55,26%) dalam kategori "kurang aktif' siklus II (67,54%) dalam kategori "cukup aktif', dan siklus III (82,75%) dalam kategori "aktif'. Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II (12,28%) dan dari siklus II ke siklus III (14,88%). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa tuntas 12 orang atau sebesar (62,52%), siklus II jumlah siswa yang tuntas 15 orang atau sebesar (78,94%), siklus III jumlah siswa yang tuntas 17 orang atau sebesar (89,47%). Dengan peningkatan dari siklus I ke siklus II (16,42%) dan dari siklus II ke siklus III (10,53%). Kata kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Team Games Tournament, PKn JF - Digital Library TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) MATA PELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS V SDN 2 RAMA DEWA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 AV - restricted ER -