@article{eprints16317, month = {Juni}, title = {PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 2 PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2011/2012 }, author = {NOVITA DWI ASTUTI 0813053050}, year = {2012}, journal = {Digital Library}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16317/}, abstract = {Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika di SDN 2 Purwodadi. Perbaikan pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran kontekstual, dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif (kognitif). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas siswa (afektif) pada siklus I adalah 61,14\%, pada siklus II meningkat menjadi 70,23\%, dan pada siklus III meningkat menjadi 70,53\%. Sedangkan aktivitas siswa (psikomotor) pada siklus I adalah 60,99\%, pada siklus II meningkat menjadi 69,95\%, dan pada siklus III meningkat menjadi 81,82\%. Hasil pembelajaran pada siklus I terdapat 12 orang siswa (54,55\%) mencapai ketuntasan belajar, pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa (68,18\%), dan untuk siklus III meningkat menjadi 19 orang siswa (86,36\%) dengan KKM ?60. Peningkatan hasil belajar didukung uji perbedaan hasil pre-tes dengan post-tes, menggunakan uji t pada siklus I diperoleh hasil thitung = 15,61 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,08, siklus II diperoleh hasil thitung = 13,13 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,08, dan siklus III diperoleh hasil thitung = 16,67 {\ensuremath{>}} ttabel = 2,08 dengan {\ensuremath{\alpha}} = 0,05 (taraf kepercayaan 5\%), (dk): n-1 dan n = 22. Artinya ada perbedaan antara hasil pre-tes dengan hasil post-tes secara signifikan. Kata kunci : pendekatan pembelajaran kontekstual, aktivitas belajar, hasil belajar. } }