TY - JOUR ID - eprints16323 UR - http://digilib.unila.ac.id/16323/ A1 - 0813053062, Winda Triliana.P Y1 - 2012/07/07/ N2 - Hasil observasi awal pembelajaran IPS di kelas V A SDN 1 Metro Utara menunjukan bahwa aktivitas belajar rendah disebabkan karena pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centred) sehingga siswa pasif dan hasil belajar rendah dengan nilai rata-rata siswa 40 atau belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan subyek penelitian adalah siswa kelas V A berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data kegiatan dikumpulkan melalui lembar observasi dan instrumen tes pada setiap siklusnya. Analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw pada mata pelajaran IPS kelas V A SDN 1 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (43,16%), siklus II (61,16%), dan siklus III (79,66%). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (57), pada siklus II (68,4), dan pada siklus III (77,4). Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, dan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw JF - Digital Library TI - PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V A SDN 1 METRO UTARA AV - restricted ER -