TY - JOUR ID - eprints16331 UR - http://digilib.unila.ac.id/16331/ A1 - 0853023039, Novitasari Y1 - 2012/11// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik model pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan alasan dan mengidentifikasi kesimpulan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Batanghari kelas XI IPA1 Tahun Ajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental dengan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model pembelajaran problem solving diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-gain keterampilan memberikan alasan dan mengidentifikasi kesimpulan yaitu : 0,39 dan 0,72. Dapat disimpul-kan bahwa pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan alasan dengan kriteria sedang. Pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan efektif dalam meningkatkan keterampilan mengidentifikasi kesimpulan dengan kriteria tinggi. Kata kunci: pembelajaran problem solving, keterampilan memberikan alasan, dan keterampilan mengidentifikasi kesimpulan. JF - Digital Libray TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN ALASAN DAN MENGIDENTIFIKASI KESIMPULAN AV - restricted ER -