TY - JOUR ID - eprints16340 UR - http://digilib.unila.ac.id/16340/ A1 - 0853023041, Nurma Elisa Y1 - 2012/11/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam meningkat-kan keterampilan menyatakan hubungan sebab akibat dan keterampilan menyata-kan negasi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Batanghari kelas XI IPA 1 Tahun Pelajaran 2011-2012. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen deng¬an one group pretest postest design. Efektivitas model pem-belajaran problem solving diukur berdasarkan nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-gain keterampilan menyatakan hubungan sebab akibat adalah 0,398 dan rerata n-gain keterampilan menyatakan negasi adalah 0.704. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan efektif dalam meningkatkan keterampilan menyatakan hubungan sebab akibat dengan kategori sedang dan efektif dalam meningkatkan keterampilan menyatakan negasi dengan kategori tinggi. Kata kunci: problem solving, keterampilan menyatakan hubungan sebab akibat dan keterampilan menyatakan negasi. JF - Digital Library TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYATAKAN HUBUNGAN SEBAB AKIBAT DAN NEGASI AV - restricted ER -