%A Putu Apriliantika 0853023046 %J Digital Library %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGKOMUNIKASIKAN DAN MENYIMPULKAN %X penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran POE pada materi pokok reaksi oksidasi reduksi dalam meningkatkan keterampil- an mengkomunikasikan dan menyimpulkan. Efektivitas model pembelajaran POE pada penelitian ini ditunjukan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Paramarta 1 Seputih Banyak tahun pelajaran 2011-2012 yang berjumlah 105 siswa dan terse- bar dalam tiga kelas yaitu X1, X2, dan X3. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan kelas X2. Kelas X2 sebagai kelas kontrol yang mengalami? pembe?lajaran konvensional dan kelas X1 sebagai kelas eksperimen yang mengala mi model pembelajaran POE. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non eqiuvalent control group design. Analisis data dalam peneli-tian ini mengunakan pengujian hipotesis yaitu uji perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat dikatakan bahwa pembelajar?an POE pada materi pokok reaksi oksidasi-reduksi efektif dalam mening?katkan keterampilan mengkomunikaikan dan menyimpulkan, siswa SMA Paramarta 1 Seputih Banyak 2011/2012. Kata kunci: Predict-Observe-Explain (POE), keterampilan mengkomunikasikan dan menyimpulkan %L eprints16343