%0 Journal Article %A 0913069123, SUTITIK %D 2012 %F eprints:16351 %J Digital Library %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE KERJA KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SEGALAMIDER BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/16351/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Segalamider. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa disebabkan karena proses pembelajaran masih didominasi oleh metode pembelajaran yang kurang memberi kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri. Salah satu metode yang dapat memfasilitasi potensi dan kemampuan siswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis serta bekerja sama dalam memecahkan suatu permasalahan adalah metode kerja kelompok. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Segalamider dalam pembelajaran IPA melalui metode kerja kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang difokuskan pada situasi kelas. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Segalamider. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran terlihat semakin meningkat, pada siklus I sebesar 71,02% dengan kategori “Baik” dan pada siklus II sebesar 81,83% dengan kategori “Baik”. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,81%. Begitu pula dengan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I sebesar 63,63% dengan kategori “Cukup” dan pada siklus II sebesar 86,36% dengan kategori “Baik Sekali”. Terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22,73%. Berdasarkan hasil temuan pelaksanaan proses pembelajaran, peneliti merekomendasikan agar guru kelas IV SD Negeri 3 Segalamider dapat menggunakan metode kerja kelompok dalam pembelajaran IPA agar aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, IPA, kerja kelompok.