TY - UNPB ID - eprints16389 UR - http://digilib.unila.ac.id/16389/ A1 - 0344021021, Muhammad Taqiuddin Y1 - 2015/09/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui saluran pemasaran lada di Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara, dan (2) Mengetahui efisiensi pemasaran lada di Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampung Utara. Penelitian dilaksanakan di Desa Ulak Rengas, Kecamatan Abung Tinggi, Kabupaten Lampung Utara. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa daerah ini merupakan sentra produksi lada terbesar di Kabupaten Lampung Utara. Jumlah responden petani lada sebanyak 59 responden, diperoleh dengan simple random sampling. Responden pedagang pengumpul sebanyak 15 responden dan 1 perusahaan eksportir, diperoleh dengan snowball methods. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) a. Bahwa pemasaran lada di Kabupaten Lampung Utara di organisir oleh para pelaku pemasaran yang terdiri dari petani, PP I, PP II dan eksportir. Proses transaksi lada dilakukan melalui 3 saluran pemasran, yaitu : Petani ?PP I ?PP II ?Eksportir (38,43%), Petani ? PP I ? Eksportir (15,18%), Petani ? PP II ? Eksportir (46,39%); b. Dari ketiga saluran tersebut, saluran yang menguntungkan dan memberikan margin yang adil dan profit margin yang besar kepada petani adalah Petani ? PP II ? Eksportir sebesar 46,39%. (2) Pemasaran lada di Kabupaten Lampung Utara cenderung tidak efisien, yang ditandai dengan Marjin pemasaran dan Ratio Profit Margin (RPM) penyebarannya tidak merata, koefisien korelasi harga (r) sebesar 0,925 (r ~1), dan elastisitas transmisi harga sebesar 1,187 (Et>1) yang menunjukkan bahwa pasar yang terjadi adalah pasar tidak bersaing sempurna. PB - Universitas Lampung M1 - other TI - ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN LADA DI KECAMATAN ABUNG TINGGI KABUPATEN LAMPUNG UTARA AV - public ER -