%A 1113054066 WAHYUNI ANGGRAINI %T PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK B TK ASIATIC PERSADA BAJUBANG TAHUN AJARAN 2014/2015 %X Masalah penelitian ini adalah kemampuan berhitung permulaan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran make a match terhadap peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Asiatic Persada Bajubang tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional antara variabel penerapan metode pembelajaran make a match dengan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B TK Asiatic Persada Bajubang tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar observasi kemampuan berhitung permulaan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Sampel dalam penelitian ini seluruh anak kelompok B1 TK Asiatic Persada Bajubang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 orang anak. Hasil analisis data dan uji signifikansi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode make a match terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B, hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar 47%. Kata kunci : anak usia dini, kemampuan berhitung permulaan, metode make a match. ABSTRACT THE INFLUENCE APPLYING OF LEARNING MAKE A MATCH TOWARD BASIC COUNTING ABILITY ON KINDERGARTEN GROUP B TK ASIATIC PERSADA BAJUBANG YEARS 2014/2015 The research proplem was the low basic counting ability. The purpose of this research is know how the influence applying of learning make a match method toward basic counting ability on kindergarten group B TK Asiatic Persada Bajubang years 2014/2015. The research is correlational research beetwen applying variable learning make a match method on basic counting ability on kindergarten group B TK Asiatic Persada Bajubang years 2014/2015. Collecting data technique used observation and documentation. The research instrument used basic counting ability observation form data analysis technique used simple regresi linier. The sample in this research is all of children in group B1 TK Asiatic Persada bajubang years 2014/2015, there are 22 persons. Data analysis result and signification test showed, there are any signification influence when applied make a match method toward basic counting ability on kindergarten group B1, it?s showed any increasing 47 persent. Keywords : counting ability, early chillhood, make a match methods , %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints16397