%0 Journal Article %A 1013069115, Rita Mirda %D 2012 %F eprints:16418 %J Digital Library %T PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN 2 GULAK-GALIK หกฟห BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/16418/ %X Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru haruslah yang dapat menciptakan keaktifan para diri siswa dalam proses belajar. Untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan siswa kelas II perlu adanya kreativitas yang tinggi dan profesionalisme guru dalam mengelola proses belajar mengajar tersebut dengan menggunakan alat peraga berupa media gambar dengan pendekatan tematik agar dapat meningkatkan aktivitas siswa yang akhirnya terjadi peningkatan terhadap kemampuan siswa dalam menerima materi yang diajarkan. Penelitian yang dilakukan terdiri dari tiga siklus, yang dalam tiap siklusnya terdiri dua pertemuan dalam proses belajar mengajar. Hasil dari pra penelitian keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar hanya mencapai 42,30% dan nilai rata-rata baru 56,15. Setelah diadakan perbaikan, pada siklus 1 keaktifan siswa menjadi 44,61% dengan nilai rata-rata 58,46. Pada pertemuan kedua keaktifan mencapai 62,85% dengan rata-rata 61,92. Pada siklus dua pertemuan 1 keaktifan siswa menurun menjadi 60,76 tetapi rata-rata siswa naik menjadi 70,38. Maka diadakanlah perbaikan pada pertemuan kedua. Hasilnya keaktifan siswa menjadi 68,46 dengan rata-rata 74,61. Peningkatan keaktifan dan prestasi hasil belajar siswa kelas II dalam proses belajar terlihat, yang mana pada siklus ketiga keaktifan siswa sudah mencapai 80,76% sampai 91,30% dengan rata-rata 79,61 pada pertemuan pertama meningkat menjadi 89,61 pada pertemuan kedua. Hal ini membuktikan bahwa penelitian tindakan kelas berhasil dalam melakukan suatu tindakan: 1. Siswa aktif dalam proses belajar 2. Adanya peningkatan hasil belajar melalui media gambar yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar di dalam kelas Kata kunci : Media gambar, aktivitas siswa dan hasil belajar