@unpublished{eprints16440, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA DAN GARAM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLASIFIKASI DAN KOMUNIKASI}, author = {0853023021 Galih Wahyu Pratama}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16440/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam, basa dan garam dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Sekampung Lampung Timur Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 170 siswa, tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, maka diperoleh kelas VII3 dan VII4 sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan klasifikasi dan komunikasi kelas eksperimen yaitu 0,52 dan 0,65 sedangkan kelas kontrol yaitu 0,42 dan 0,43. Berdasarkan uji hipotesis (uji t), diketahui bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam, basa dan garam efektif dalam meningkatkan keterampilan klasifikasi dan komunikasi. Kata kunci: keterampilan klasifikasi, keterampilan komunikasi, inkuiri terbimbing} }