?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+PADA+MATERI+ASAM+BASA+DAN+GARAM+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+KLASIFIKASI+DAN+KOMUNIKASI&rft.creator=Galih+Wahyu+Pratama%2C+0853023021&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.subject=QD+Chemistry&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+pada+materi+asam%2C+basa+dan+garam+dalam+meningkatkan+keterampilan+klasifikasi+dan+komunikasi.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+semua+siswa+kelas+VII+SMPN+1+Sekampung+Lampung+Timur+Tahun+Pelajaran+2013%2F2014+yang+berjumlah+170+siswa%2C+tersebar+dalam+5+kelas.+Pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+teknik+purposive+sampling%2C+maka+diperoleh+kelas+VII3+dan+VII4+sebagai+kelas+kontrol+dan+eksperimen.+Penelitian+ini+menggunakan+metode+kuasi+eksperimen+dengan+Non+Equivalent+(Pretest+and+Posttest)+Control+Group+Design.+Efektivitas+model+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+ditunjukkan+dengan+adanya+perbedaan+n-Gain+yang+signifikan+antara+kelas+kontrol+dengan+kelas+eksperimen.+Hasil+penelitian+menunjukkan+nilai+rata-rata+n-Gain+keterampilan+klasifikasi+dan+komunikasi+kelas+eksperimen+yaitu+0%2C52+dan+0%2C65+sedangkan+kelas+kontrol+yaitu+0%2C42+dan+0%2C43.+Berdasarkan+uji+hipotesis+(uji+t)%2C+diketahui+bahwa+pembelajaran+inkuiri+terbimbing+pada+materi+asam%2C+basa+dan+garam+efektif+dalam+meningkatkan+keterampilan+klasifikasi+dan+komunikasi.%0D%0AKata+kunci%3A+keterampilan+klasifikasi%2C+keterampilan+komunikasi%2C+inkuiri+terbimbing&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2015-12-30&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F1%2FCOVER%2520LUAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F3%2FCOVER%2520DALAM.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F4%2FHALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F5%2FHALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F6%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F7%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F8%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F9%2FMOTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F10%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F11%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F12%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F13%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F14%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F15%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F16%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F20%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F18%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++Galih+Wahyu+Pratama%2C+0853023021++(2015)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+INKUIRI+TERBIMBING+PADA+MATERI+ASAM+BASA+DAN+GARAM+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+KLASIFIKASI+DAN+KOMUNIKASI.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.++++(Tidak+diterbitkan)++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F16440%2F