TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints16450 UR - http://digilib.unila.ac.id/16450/ A1 - 0713023036, Pury Agus Setiawan Y1 - 2011/// N2 - Ketepatan pendidik dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran sangat mempengaruhi tingkat penguasaan konsep siswa. Untuk medapatkan ting- kat penguasaan konsep yang tinggi dibutuhkan model pembelajaran dalam strategi pembelajaran kontekstual yang mampu menghantarkan siswa pada pembelajaran yang lebih bermakna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pem- belajaran berbasis masalah dalam meningkatkan penguasaan konsep dan keteram- pilan mengelompokkan siswa pada matei pokok asam-basa. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghan- tarkan siswa untuk memahami suatu masalah yang terjadi dan berupaya menyele- saikannya dengan melakukan penyelidikan mandiri dalam interaksi bersama teman-temannya. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Natar kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5 semester Genap Tahun Pelajaran 2010-2011 yang memiliki kemampuan kognitif relatif sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperiment dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan selisih skor pretest dan posttest (gain ternor- malisasi) Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan, diketahui bahwa kelas dengan pembel- ajaran berbasis masalah memiliki tingkat penguasaan konsep dan keterampilan mengelompokkan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran berbasis masalah lebih efektif dalam me-ningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengelompok- kan siswa. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIFVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK ASAMBASA AV - restricted ER -