@unpublished{eprints16451, month = {Desember}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP}, author = {0743023009 Dasiun Paulus Manik}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/16451/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan dalam me-ningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent (pretest postest) control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Bangun Rejo Lampung Tengah Tahun Pelajararan 2014 /2015. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI1 sebagai kelas kontrol. Model pem-belajaran inkuiri terbimbing dikatakan efektif apabila secara statistik terdapat perbedaan rata-rata n-Gain penguasaan konsep yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain penguasaan konsep siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 0,46 dan 0,41. Hasil uji hipotesis (uji-t), diperoleh rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan pada kelas eksperimen lebih besar daripada dengan rata-rata n-Gain penguasaan konsep pada kelas kontrol. Kesimpulan penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa. Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa} }